Wednesday, March 2, 2011

Mendadak Terjun

Mohon jangan salah tafsir kawan. Bukan, ini bukan tentang mbak-mbak yang desperado, no hope, putus asa trus niat bunuh diri dengan cara terjun dari lantai 14. Ini adalah tentang wiken ngaco bersama orang-orang yang juga ngaco, dan daku tidak mengira bahwa tujuan dari wiken ini adalah melihat air terjun di Pangrango.


Berawal dari diskusi via FB, ada teman yang ingin touring tapi belum tau tujuannya mau kemana. Ada yang ingin ke Green Canyon tapi belum tau mau naik apa. Pada labil semua dah. Akhirnya setelah kelabilan kami berakhir, diputuskan bahwa tujuan touring perdana kami adalah...Puncak(disini posisiku adalah sebagai korban, dimana daku pasrah saja sama teman-teman yang mengusulkan tujuan puncak).Hoho piss..


Packing baru dilakukan sabtu pagi pukul 09.00. Ransel kuning norak kebanggaanku rasanya berat padahal bawaan standar aja (mungkin karena daku kurang gizi yah, berat badan ga nyampe sekarung beras, halah). Berhubung ranselnya ga kedap air, baju ditaruh dulu dalam plastik baru deh dimasukin ke ransel. Cemilan dan air minum pun tak terbawa karena daku tak kuasa menahan beban si ransel. Dalam hati prinsipnya "ahh ntar di jalan juga ad yang jual kok."


Oh ya bagi kamu yang punya alergi atau penyakit musiman yang muncul kala perjalanan jauh (asal bukan sakit jiwa yak), jangan lupa bawa obat-obatan pribadi. Untung saja daku termasuk orang yang rajin ngobat, jadi selalu siap sedia dengan obat-obatan standar yang sering daku butuhkan seperti : obat maag, tolak angin, obat untuk melancarkan pencernaan, obat untuk mengatasi buang air, penambah darah, neurobion, plester luka, tetes mata, obat flu. Jenis obat tergantung kondisi badan kamu aja. Kalo daku sih pas perjalanan jauh selalu bermasalah dengan perut dan hidung.


Hmm.. apalagi yah yang perlu dibawa selain mukena, baju, uang secukupnya (buat jaga-jaga aja kalo kamu terdampar dan ga nemu mesin atm). Kata temenku sih bawa aja kacamata renang, kali aj ada kolam pemandian air panas di sana (ini tidak perlu ditiru kawan, hanya harapan kosong ini mah). Oh iya. Kalau ngetrip saya selalu bawa tas parasut fcuk (ini bukan umpatan kawan, daku juga gatau kenapa tas ini dinamai fcuk oleh pembuatnya) andalan saya. Tas ini serba guna banget. Bisa dilipet kecil-kecil n ga makan banyak tempat di ransel. Ringan sudah pasti. Tapi, kalau kita mau ngelayap kan ga mungkin tho bawa ransel segede gombreng gitu. Nah daku biasanya tinggal ngeluarin si fcuk, masukin deh dompet n hp k tas parasut tercintah. Dijamin praktis n gaya pisan.


Sabtu, 26 Februari 2011 pukul 14.50 kami berangkat menuju Puncak. Rencana awal berangkat pukul 13.00, tapi berhubung cuaca kurang mendukung ya sudah molor dikit tak apa lah (penyakit aseli orang Indonesia nih). Sampai di masjid Atta'awun pukul 18.50. Begitu sampai di halaman masjidnya, waww..hasrat narsis memberontak, mata mulai gatal mencari korban yang bisa ditunjuk paksa sebagai tukang poto dadakan,hohoho. Berikut hasil jepretan dari teman-temanku yang sangat baik hati.


niat mau liat sunset ga kesampean, ya sudah. Liat yang lain ahh..



    loh..kok tau-tau ada penampakan mbak-mbak manis di pojok kanan bawah???




Dari masjid kami meluncur ke warung sekitar yang menebarkan aroma sedap, aroma yang bikin hidung nampak lebar karena kembang kempis, plus perut yang mulai berontak minta diisi sesuap nasi. Setelah memesan makanan (fyi, daku mesen menu nasi goreng 1 porsi full, biasanya kan minta nasinya dikurangi, tapi untuk kali ini tiada ampun bagi si nasi goreng. Awas kau nasgor) kami teteup aj sibuk poto-poto ga jelas sambil olahraga mulut didampingi cemilan (ini juga nyomot punya teman). Udah ah jangan dipoto mulu cyiinn, malu nih keliatan rakus plus dekil euy. Yaiks..


Silahkan pilih menu yang kamu suka


Tujuan selanjutnya adalah mencari villa. Setelah tawar-menawar yang alot dengan pemilik villa (mahasiswa bu, jangan mahal-mahal atuh bu.Kasihanilah kami bu..) plus sedikit ancaman "Yuk,liat villa yang lain aj cyiinn", akhirnya terperdaya juga si ibu. Fiuhh akhirnya bisa merasakan sofa yang empuk juga setelah berjam-jam duduk di atas jok motor.


Kegiatan selanjutnya adalah cari jagung bakar nonton tv rame-rame, malas-malasan, rebutan kamar, nyolong selimut di kamar tetangga, pijit-pijitan, injek-injekan (ini beneran loh! lumayan kalo kamu lagi sebel sama temen yang ngeboncengin kamu tadi, kamu bisa injek-injek dia dengan alasan biar pegelnya ilang, hohoho). Berhubung poto pijit-pijitan bisa menimbulkan salah penafsiran n pitnah, daku tidak berani menampilkannya disini. Harap maklum duhai kawan.


Keasyikan nonton tv jadinya malah ketiduran di sofa. Bangun-bangun udah jam 12 malam. Hasil dari tidur diluar sama neng Ias tidak sia-sia. Hidungku langsung menangis semalam a.k.a meler n tenggorokan bertambah ganjen gatal (siap-siap aj dengar suara nenek-nenek batuk semalam suntuk). Berita bagusnya adalah daku tidak prepare tisu dan obat batuk. Ok, next trip kalau ke daerah dingin yang bikin alergi kumat harus sedia tisu 1 kardus deh kalo perlu (malu ah nyomot tisu temen melulu). Untung temen-temenku adalah orang yang penuh kasih. Hasyah


Besok paginya (yah ga pagi-pagi banget sih karena nungguin hujan agak reda) kami langsung tancap gas ke Cibodas. Sebelum tancap gas kami beli sarapan dulu di sekitar villa. Kebetulan ada bapak-bapak yang keliling untuk menjajakan makanan. Langsung kita serbu tuh bapak. Tapi ternyata hasilnya tidak sesuai dengan ekspektasi kami. Halah. Intinya, lebih baik kamu cari sarapan di luar villa. Ga peduli mau ujan, gerimis, guntur menggelegar, tetaplah maju nak.


Di jalan, angin semriwing dan bertiup semena-mena meskipun udah bersenjatakan jaket dan kaos kaki. Menyesal dalam hati karena ga bawa sarung tangan. Setelah parkir tentunya kami langsung poto-poto narsis sembari celingukan nyari tempat makan untuk diserbu. Biasa, kalo nunggu pesenan tuh suka lama datangnya (padahal kita udah mesen pake kilat khusus sih yak), teteup aj pesenannya datangnya lama. Karena lama, temen-temen pada ga betah. Ada yang ngabur ke toilet, ada juga yang jeprat-jepret sambil melet-melet n ngunyah permen karet. Berikut hasil jepretan dari neng Ias.


Mau bawa sayuran sebagai oleh-oleh? Monggo, silahken

Pengen beli kaktus yang lucu-lucu, tapi ga jadi. Ribet ah bawanya

Cemilan yang menggoda


Ok, saatnya pendakian. Berhubung cuacanya lagi ga jelas (se-gak jelas suasana hati yang suka tiba-tiba berubah kalo lagi ga mood), ga ada salahnya bawa jas hujan biar pendakian ga mandeg gara-gara takut kehujanan dan ribet nyari tempat berteduh. Eits, jangan lupa bayar tiket masuk yah. Jangan meniru tindakan kami yang waktu itu asal masuk tapi pura-pura lupa ga bayar tiket. Jangan buang sampah sembarangan juga yah kawan. Boleh kok bawa bekal nasi uduk untuk orang 1 kampung, tapi sampahnya kamu simpan dulu dan nanti pas kamu turun kamu bawa lagi untuk dibuang ke tong sampah ya cyiinn. Lebih baik sih kita ga usah banyak minum selama pendakian (bukan berarti ga boleh bawa air minum loh ya). Hal ini guna mencegah HIV (hasrat ingin vivis) di tengah hutan yang banyak pacet dan makhluk parasit lainnya. Hiii..


Ada baiknya kalau kamu bawa garam deh. Kali aj nemu artis bernama  lintah darat. Ga lucu dong kalo ada lintah atau pacet kamu cuman bisa teriak-teriak sementara itu parasit asik nyedotin darah kamu sampai titik darah penghabisan. Kalau ga ada garam yah paling nggak ada gunting kan yah? jadi pas lintah nempel, gunting aja badannya. Tapi setelah kamu gunting badannya, darah yang dihisapnya tadi bakal ngucur. Hiii.. udah ah mending sedia garam sebelum parasit. Ini cara lain untuk terhindar dari pacet dan binatang lainnya (copas dari forum lain):
1. Oleskan balsem yang cold ke area terbuka, jangan yang extra hot;
2. Terus rasakan bahwa kalo dinginnya hilang berarti efeknya juga sudah menghilang harus dioles balsem lagi;
3. Apabila tergigit kutu babi dan pacet oleskan balsem ke pacet dan kutu babi. Khusus pacet biasanya langsung lepas dan modar, darah akan mengalir dan stop dalam sekejab. Untuk kutu babi harus dipelintir dan pencet daging kamu, trus kalo udah keluar si bb itu lihat baik2 ada giginya ga. Kalo ga ada ambil jarum yang kecil dan tusuk kan ke daging persis disebelah gigitannya. korek hingga bersih dan betadine in action.




Mendaki gunung lewati lembah, sungai mengalir indah ke samudera

mejeng dulu ah. tapi sayang ini personilnya kurang satu


nampak seperti pendakian malam


Pendakian plus sesi poto-poto memakan waktu sekitar 1,5 jam. Selama pendakian daku berusaha untuk selalu ada ditengah-tengah rombongan. Takutnya kalau jalan paling belakang ada tarzan yang menculikku. Ah ngaco. Itu sih emang daku aj yang parno. 


Supaya pendakian kamu nyaman, pakai sandal yang sederhana, anti maling, dan anti slip (emangnye ban neng???). Jangan pake wedges, high heels, apalagi nyolong sandal orang di masjid, ingat dosa nak.. Ga nyambung!


Setelah yah sekitar 25 menit, nyampe deh di telaga biru. Telaga biru ini bisa terlihat jadi warna hijau, merah, atau biru tergantung dari perputaran pertumbuhan ganggang. Jika beruntung kamu bisa menjumpai berang-berang berenang di sungai. Daku yang sedari tadi manyun karena sebel ga nyampe-nyampe yah (dasar ga sabaran!) wuihhh langsung sumringah begitu melihat telaga biru yang indah seindah mataku. Hasyah.



NB: ini bukanlah poto berang-berang sungai loh ya


Jangan puas dulu dengan telaga biru ini kawan, karena di atas sana ada air terjun Cibeureum nan menggoda yang sudah menanti kita. Mari kita lanjutkan langkah kita menuju rawa Gayonggong yang goyangnya aduhai kemudian menuju air terjun Cibeureum.


hejo dimana-dimana, bikin mata seger yah

jembatan kayu di atas rawa gayonggong


ada anak ilang menoleh ke belakang untuk mencari ibunya


boleh juga ni jembatan buat poto prewed, hohoho 


Jembatan yang oke punya seperti gambar-gambar di atas emang sasaran empuk para narsissus. Beneran daku ga boong. Rasa capekmu terobati deh setelah narsis2 ria disitu. Pemandangan gunungnya itu loh, ga nahaaan. Subhanallah indah benar ciptaan-Mu. Tiada yang sia-sia apa yang ada di langit dan di bumi.  

Setelah jembatan prewedding itu plus pemandangan sekitarnya, kejutan selanjutnya adalah air terjun itu sendiri. Sampai di air terjun ini kamu silahkan berpoto sepuasnya. Bagi yang belum mandi silahkan basah-basahan di air terjun deh. 

hee..hayo tebak ada penampakan apa disitu


thanks ya neng, hasil jepretanmu selalu memuaskanku. Halah


pura-pura ga liat kamera nih. Huhuhu daku tidak ada di poto ini


Sebaiknya sih kamu jangan lupa bawa casing underwater kalo kamera kamu ga tahan air ya. Jaga-jaga aja kalau hujan gitu. Dengan begitu kan kamu bisa tetap beraksi di depan kamera (tanpa khawatir kamera kamu rusak) ketika hujan turun. Plus, tripod sih kalau mau sedikit repot. Gimanapun juga yang namanya ngetrip rame-rame kan pasti pengen poto keluarga dong yah. Syukur-syukur kalau nemu orang di jalan dan dia ga keberatan mau motoin (dan selera potonya sama bagusnya dengan selera kita. Huh udah minta tolong, protes pulak. Kan ga enak tho).

Air terjun cibeureum bikin lupa daratan. Kami jadi molor 1 jam dari waktu yang diperkirakan. Ditambah lagi waktu turun gunung, turunlah hujan lebat. Kami ga bisa melangkah prok prok prok seperti kapiten. Harus hati-hati kalau gamau kepeleset atau terkilir yah. Telat gini jadi nyesel kenapa ga nyatet nomor telepon/hp si ibu villa. Kalau telat kan seenggaknya bisa telpon  minta maaf gitu plus nawar-nawar jam checkout.

Tapi kalau emang beruntung, yah beruntung ajah. Nyampe villa telat, ga ada ibu pemilik villa. Yang ada bapak villa (gatau juga sapa namanya). Kami ga dikenai charge telat checkout. Tips untuk kamu kalau nginap di villa, jangan lupa bak mandi dipenuhin airnya. Pagi-pagi kran airnya rada mampet (ga semua villa sih). Air yang keluar tuh dikiiiittt banget. Untung aj di seberang ada masjid yang berlimpah air. Jadi sebagian dari teman-teman ngungsi untuk siram-siram badan di masjid. 

Pas temenku mandi nih tiba-tiba dia teriak. Arrghhh. Aku bingung kenapa dia teriak. Iseng nanyain "Neng, kamu kenapa ih teriak-teriak gitu?". Ternyata dari kakinya tiba-tiba ada darah netes. Hmm di sini ak baru tau kalo temenku kena pacet. Kalau pacetnya  keluar biasanya dari bekas luka itu ada darah netes. Hii.. setelah itu daku jd meriksain sekitar kaki ada bekas luka ga yah. Kok ga ada sih, harusnya ada dong??? ah pacetnya milih-milih nih. Mentang-mentang daku kurus dia gamau nempel ma aku. 


Hmm yah pacet doang mah ga akan mampu menggoyahkan keceriaan kami menjalani wiken ini. Setelah mandi pake air es, packing lagi, yuk kita meluncur turun dan pulang ke Jakarta. Ke Jakarta aku kan kembali..walau apa pun yang terjadi.. (jadi inget lagu lawas ini, tapi laguny sapa yah). Sekian cerita singkat dariku. Semoga daku dapat kembali menceritakan pengalaman - pengalaman seru selanjutnya. Yuk kita nabung untuk perjalanan selanjutnya. Quote dari mama : nabung itu di bank ya dek, jangan di mall.. *_^

No comments: